Sabtu, 14 April 2012

Eksternalitas Ekonomi


Mari menganalisis eksternalitas ekonomi perkembangan wisata alam berkelanjutan pada kawasan Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah.

Sector industry pendukung wisata seperti hotel dan restoran hanya menyumbang 2,2% terhadap produk domestic bruto (PDB) dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, sector wisata dipercayai mempunyai masa depan atau prospek yang bagus untuk perkembangan ekonomi regional. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pada sector lain dan kesempatan kerja sebagai akibat pengaruh ekonomi secara berantai dari sector indsutri hotel dan restoran. Artinya, sector kemampuannya menyediakan kesempatan kerja bagi penduduk setempat.

Meskipun sector pariwisata belum menunjukkan pengaruhnya yang besar terhadap PRDB, tetapi diyakini akan menjadi andalan, terbukti dengan nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan sector primer seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, dan kehutanan. Selain mendatangkan devisa, sector pariwisata dapat meningkatkan penanaman modal (investasi) dan merangsang pertumbuhan sector ekonomi lainnya karena perlu pasokan dari sector lainnya.

Peningkatan nilai tambahan atau permintaan akhir sector pariwisata diyakini akan menjadi andalan bagi wilayah Jawa Tengah untuk meningkatkan PRDB. Industri pariwisata dapat memajukan perekonomian daerah karena merupakan sector yang  padat karya, mempunyai daya serap yang besar terhadap tenaga kerja, serta mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

0 komentar: